Inilah Skor TOEFL yang Harus Dicapai Saat Pendaftaran CPNS dan PPPK 2023

SUBANG, TINTAHIJAU.com – Pada tanggal 17 September hingga 6 Oktober 2023, pendaftaran rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) akan dibuka. Kabar baiknya adalah pendaftaran ini tidak hanya terbuka untuk lulusan perguruan tinggi, tetapi juga untuk mereka yang memiliki ijazah SMA. Namun, ada hal penting yang perlu diperhatikan oleh calon pelamar, yaitu syarat sertifikat TOEFL yang menjadi persyaratan bagi beberapa instansi.

Dalam pengumuman resmi, Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyatakan bahwa syarat tes TOEFL untuk daftar CPNS 2023 akan berbeda-beda tergantung pada masing-masing instansi. Artinya, tidak semua instansi akan meminta pelamar untuk melampirkan sertifikat TOEFL dalam seleksi CPNS 2023. Hal ini mengindikasikan bahwa kebutuhan akan kemampuan berbahasa Inggris bisa menjadi salah satu faktor penentu dalam penerimaan di beberapa instansi pemerintah.

Plt Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama (BHHK) BKN, Nur Hasan, menjelaskan bahwa informasi mengenai persyaratan pendaftaran CPNS, seperti umur, kualifikasi pendidikan, ijazah, kebutuhan ASN (Aparatur Sipil Negara), dan lain sebagainya, dapat ditemukan dalam pengumuman resmi dari instansi yang membuka rekrutmen ASN. Dengan demikian, calon pelamar disarankan untuk merujuk langsung ke pengumuman instansi yang mereka minati untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat mengenai persyaratan dan syarat TOEFL.

Baca Juga:  Begini Analisis BMKG Soal Gempa M 5,9 yang Guncang Banten

Namun, untuk memberikan gambaran lebih jelas, berikut adalah daftar beberapa instansi yang pada rekrutmen CPNS 2021 menggunakan tes TOEFL sebagai syarat pendaftaran:

1. Kementerian Luar Negeri (Kemenlu): Kementerian ini mewajibkan pelamar untuk melampirkan sertifikat TOEFL dengan skor minimal tertentu, tergantung pada jabatan yang dilamar. Misalnya, untuk jabatan fungsional Diplomat, skor TOEFL minimalnya adalah 550, sedangkan untuk jabatan lainnya seperti Penata Anselerai dan Pranata Informasi Diplomatik minimal skor TOEFL adalah 475.

2. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Kementerian ESDM): Di sini, para pelamar di semua jabatan diharuskan melampirkan sertifikat TOEFL yang masih berlaku dengan skor minimal 450, kecuali untuk beberapa jabatan tertentu.

3. Kementerian Perindustrian (Kemenperin): Kementerian ini mewajibkan pelamar kebutuhan guru dan dosen untuk menyertakan sertifikat TOEFL dengan skor minimal 475. Untuk pelamar di unit kerja Direktorat Jenderal Ketahanan, Perwilayahan, dan Akes Industri Internasional, skor minimal TOEFL adalah 500.

Baca Juga:  Mengerikan! Dalam 6 Bulan 151 Warga Subang Tertular HIV/AIDS. Seks Bebas di Kosan Meningkat

4. Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri): Pelamar yang mendaftar pada jabatan fungsional dosen dan widyaiswara pada seleksi CPNS 2021 di Kemendagri wajib menyertakan sertifikat TOEFL dengan skor minimal 450.

5. Kementerian Kesehatan: Pelamar jabatan dosen asisten ahli dalam pengadaan CPNS 2021 harus menyertakan sertifikat TOEFL dengan skor minimal 450.

6. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR): Kementerian PUPR memberikan penilaian tambahan jika peserta melampirkan sertifikat TOEFL dengan skor minimal 450.

7. Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM): BKPM mensyaratkan para pelamarnya menyertakan sertifikat TOEFL dengan skor minimal 450.

8. Kementerian Komunikasi dan Informatika: Kementerian ini mewajibkan calon peserta melampirkan bukti sertifikat TOEFL dengan skor minimal 450, setara dengan IELTS 4 dan TOEIC 605. Penyertaan sertifikat TOEFL ini tidak berlaku bagi putra/putri Papua dan Papua Barat.

Baca Juga:  Waktu Pendaftaran CPNS dan PPPK 2023 Telah Ditutup

9. Badan Kepegawaian Negara (BKN): BKN pada seleksi CPNS 2021 mewajibkan pelamar di semua jabatan yang dibuka untuk melampirkan sertifikat TOEFL dengan skor minimal 450.

10. Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves): Kemenkomarves mewajibkan pelamar di semua jabatan yang dibuka untuk melampirkan sertifikat TOEFL dengan skor minimal 450. Namun, pelamar di unit kerja Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif wajib menyertakan sertifikat TOEFL dengan nilai minimal 550.

11. Kementerian BUMN: Kementerian BUMN pada rekrutmen CPNS 2021 mewajibkan pelamar di semua jabatan yang dibuka melampirkan sertifikat TOEFL dengan skor minimal 450.

Penting untuk dicatat bahwa persyaratan ini berdasarkan rekrutmen CPNS tahun 2021 dan bisa berubah pada tahun 2023. Oleh karena itu, para calon pelamar diharapkan untuk selalu memantau pengumuman resmi dari instansi yang mereka minati dan mempersiapkan diri sesuai dengan persyaratan yang berlaku. Semoga artikel ini membantu Anda dalam memahami persyaratan pendaftaran CPNS dan PPPK 2023. Sukses untuk semua calon pelamar!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

FOLLOW SOCMED:
FB & IG: TINTAHIJAUcom
IG & YT: TINTAHIJAUcom
E-mail: red.tintahijau@gmail.com