KBIHU Sutaatmadja Subang Adakan Bimsik untuk Calon Jemaah Haji 2024

H. Dedy Tardiyo tengah memberikan pengarahan pada kegiatan Bimsik | Foto: Istimewa

SUBANG, TINTAHIJAU.com – Sebanyak kurang lebih 120 orang calon jemaah haji asal Subang dibawah Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh (KBIHU) Sutaatmadja Subang telah mengikuti kegiatan Bimbingan Manasik Haji (Bimsik) sebagai persiapan keberangkatan Haji pada tahun 2024 mendatang.

Kegiatan Bimsik tersebut dilaksanakan selama dua hari yakni dari tanggal 28 hingga 29 Oktober 2023. Para peserta tersebut berkunjung ke objek wisata religi Firdaus Fatimah Zahra, Semarang dan juga ke BIJB Kertajati, Majalengka.

Firdaus Fatimah Azahra Semarang telah diplih lantaran ini merupakan objek wisata religi yang memiliki replika paling mirip dengan Mekkah yang ada saat ini, sedangkan BIJB Kertajati Majalengka telah dipilih karena Bandara Udara inilah yang nantinya akan digunakan untuk pemberangkatan calon Jemaah Haji di tahun depan.

H. Dedy Tardiyo, S.Ag, M.AP selaku Ketua KBIHU SUtaatmadja mengatakan bahwa “Kegiatan ini selain memberikan ilmu dan pembekalan sebelum mereka berangkat ke tanah suci, juga bisa menciptakan chemistry dan ikatan tali persaudaraan diantara mereka, antara ketua regu (karu), ketua rombongan (karom) dan peserta lain yang akan melakukan Ibadah haji di tanah suci nanti”, ujarnya disela-sela kegiatan tersebut.

“Kami memilih Firdaus Fatimah Zahra sebagai tujuan wisata religi karena tempat ini merupakan replika manasik haji yang lengkap dan mirip dengan apa yang ada di Mekkah” lanjut Dedy.

Dari pantauan TintaHijau.com, Yayasan Fatimah Zahra yang mengelola tempat tersebut memang sengaja menjadikan tempat pelatihan manasik yang satu ini menjadi lebih eksklusif.

Hal ini diwujudkan dengan membuat replika semirip mungkin dengan lokasi-lokasi yang akan dikunjungi saat melakukan ibadah haji maupun umrah di tanah suci Mekkah.

Di sana kita bisa menemukan mulai dari replika Bandara Arab Saudi, Padang Arafah, perkemahan Mina, jamarat Mina, Jabal Rahmah, hingga replika Masjid Al Aqsa.

Tidak hanya berkunjung ke dua tempat tersebut, rombongan juga berkesempatan untuk mampir ke Simpang Lima dan Kampoeng Semarang, serta melakukan shalat berjamaah di Mesjid Agung Jawa Tengah karena memang lokasi penginapan berdekatan dengan mesjid tersebut.

Salah satu perserta Bimsik, bernama Munajatulloh, menuturkan “Saya merasa senang karena bisa mendapatkan pengalaman Manasik terbaik sehingga memiliki gambaran dan bayangan yang sesungguhnya sebelum benar-benar menjalankan ibadah haji nanti”, ia juga mreasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh KBIHU Sutaatmadja karena telah menyediakan semua kebutuhan para peserta selama kegaitan manasik tersebut, “semoga kita semua sukses dalam melaksanakan ibadah haji nanti” tutupnya.

Senada dengan pendapat Munajatulloh, salah satu peserta perepmuan bernama Siti Permanah juga memberikan testimoninya terkait kegiatan ini; “Selama saya mengikuti bimsik di KBIHU sutaatmajda saya sangat terkesan dengan pelayanannya, aplagi saya jadi tahu BIJB Kertajati dan Firdaus Fatimah Azahra, Alhamdulillah saya berterima kasih kepada Allah SWT karena saya telah menerima Bimbingan terbaik dari KBIHU Sutaatdjamadja, sekali lagi terima kasih” ujarnya di sela-sela perjalanan pulang ke Subang.

Sementara itu Abas Yayan Rusyanto selaku Ketua Rombongan 2 dari KBIHU Sutaatmadja juga berpendapat bahwa “Kegiatan ini telah menjadikan kebersamaan yang erat diantara kami, terbukti bahwa semua peserta tidak mengutamakan kepentingan individu atau kelompok tapi memang lebih mengutamakan kepentingan bersama sebagai satu keluarga” ungkapnya.

Rombongan peserta Bimsik dari KBIHU Sutaatmajda telah tiba kembali ke Subang pada Minggu (29/10/2023) pukul 18:00 WIB dengan selamat. Harapannya tentu selain bisa menjalin kedekatan diantara para peserta juga bisa memberikan ilmu yang bermafaat.