Inilah Daftar 10 Kementerian/Lembaga yang Buka Formasi CPNS 2023 Terbanyak

SUBANG, TINTAHIJAU.com – Pemerintah kembali membuka kesempatan bagi warga negara Indonesia untuk bergabung sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Proses perekrutan ini menjadi momen penting bagi ribuan orang yang bercita-cita untuk berkarier di sektor pelayanan publik. Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah mengumumkan statistik sementara daftar instansi yang membuka formasi CPNS 2023 dengan jumlah terbanyak.

Berikut adalah daftar 10 kementerian/lembaga yang membuka formasi CPNS 2023 terbanyak:

1. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham): 8.598 Formasi
– Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menempati posisi teratas dalam daftar ini dengan membuka sebanyak 8.598 formasi. Hal ini menunjukkan bahwa Kemenkumham memiliki kebutuhan besar untuk mengisi posisi dalam berbagai bidang yang terkait dengan hukum dan hak asasi manusia.

2. Setjen Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK): 7.920 Formasi
– Posisi kedua ditempati oleh Setjen Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan membuka sebanyak 7.920 formasi. KPK memiliki peran penting dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia, sehingga kebutuhan akan tenaga kerja yang berkualitas sangat diperlukan.

3. Mahkamah Agung RI: 4.589 Formasi
– Mahkamah Agung Republik Indonesia (MA RI) menempati peringkat ketiga dengan membuka 4.589 formasi. MA RI adalah lembaga tinggi peradilan yang memiliki tugas penting dalam menjaga keadilan di negara ini.

4. Kejaksaan Agung: 4.412 Formasi
– Kejaksaan Agung juga menjadi salah satu instansi dengan jumlah formasi yang signifikan, yakni sebanyak 4.412 formasi. Kejaksaan Agung memiliki peran dalam penegakan hukum dan pengawasan hukum di Indonesia.

5. Sekretariat Jenderal DPR RI: 1.763 Formasi
– Sekretariat Jenderal DPR Republik Indonesia (RI) membuka sebanyak 1.763 formasi. Ini menunjukkan pentingnya tenaga kerja yang berkualitas dalam mendukung tugas-tugas legislasi di negara ini.

6. Badan Intelijen Negara (BIN): 782 Formasi
– Badan Intelijen Negara (BIN) membuka 782 formasi. BIN memiliki peran strategis dalam menjaga keamanan dan stabilitas nasional.

7. Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK): 268 Formasi
– Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) membuka 268 formasi. PPATK berperan dalam melawan pencucian uang dan pendanaan terorisme.

8. Kementerian Agama (Kemenag): 147 Formasi
– Kementerian Agama (Kemenag) membuka 147 formasi. Kementerian ini memiliki tanggung jawab dalam mengelola urusan agama dan keagamaan di Indonesia.

9. Kementerian Kesehatan (Kemenkes): 43 Formasi
– Kementerian Kesehatan (Kemenkes) membuka 43 formasi. Dalam situasi kesehatan seperti saat ini, tenaga medis dan kesehatan sangat dibutuhkan.

10. Kementerian Perindustrian: 20 Formasi
– Kementerian Perindustrian membuka 20 formasi. Kementerian ini memiliki peran penting dalam mengembangkan sektor industri di Indonesia.

Pendaftaran CPNS dan PPPK tahun 2023 berlangsung dari tanggal 20 September hingga 9 Oktober 2023. Bagi yang berminat untuk mendaftar, pastikan untuk mengikuti prosedur pendaftaran yang telah ditetapkan oleh BKN.

Dengan bergabung sebagai CPNS atau PPPK, Anda akan memiliki peluang untuk berkontribusi dalam pelayanan publik dan pembangunan negara.

Semoga artikel ini membantu Anda dalam memahami instansi mana saja yang membuka formasi CPNS 2023 terbanyak.